GAGASAN KAMPUNG PANCASILA DI 267 KELURAHAN SE-PROVINSI DKI JAKARTA

 

Para Anggota Pokja Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Pemprov DKI Jakarta, menyelenggarakan rapat evaluasi dan koordinasi akhir tahun, dipimpin oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi DKI Jakarta, Drs Taufan Bakrie M.Si, dan juga dihadiri Kepala Bidang Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, Bakesbangpol DKI Jakarta, Drs. M. Asyik Noorhilmany, M.Si, dan Kepala Subbidang Ideologi Negara, Bakesbangpol DKI Jakarta, Rachmat Hidayat, S.Sos,  bertempat di Ruang Rapat Utama, Kantor Bakesbangpol, Provinsi DKI Jakarta, Kamis, 23 Desember 2021.

Pada kesempatan tersebut, Ir. Hamry Gusman Zakaria, MM, sebagai anggota Pokja PPWK DKI Jakarta sekaligus Motivator dan Penulis Buku “5 Pilar Revolusi Mental”, mengusulkan dibentuknya “Kampung Pancasila” pada setiap Kelurahan di 6 Kabupaten/Kota se Provinsi DKI Jakarta, sehingga diharapkan pada 1 Juni 2021, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, dapat meresmikan 267 unit Kampung Pancasila, yang tersebar merata pada setiap kelurahan di DKI Jakarta. Mahasiswa Program Doktor Ilmu Administrasi Publik, Universitas Brawijaya ini, juga menjelaskan secara detail dan komprehensif, mengenai usulan parameter, SDM terkait, mekanisme, dan time schedule, dari program pembentukan Kampung Pancasila tersebut.

Latar belakang pengusulan pembentukan Kampung Pancasila tersebut, adalah karena sangat beragamannya suku bangsa, etnis, budaya, dan agama, dari 11 Juta Penduduk di Provinsi DKI Jakarta, maka masyarakat harus mendapatkan wadah dan media, sebagai akses internalisasi dan implementasi nilai-nilai luhur Pancasila, secara berkesinambungan. Sehingga keberadaan Kampung Pancasila, diharapkan akan dapat lebih menangkal dan meminimalisir potensi konflik antar penduduk, potensi penurunan indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021 sebesar 72,20, serta juga dapat lebih memagari masuknya paham radikalisme dan terorisme, serta mencegah peredaran narkoba, serta konsumsi obat dan pangan terlarang/illegal, dan tentunya akan banyak sekali beragam manfaat lainnya, yang akan dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat DKI Jakarta

Gagasan Kampung Pancasila yang dipresentasikan oleh Hamry Gusman tersebut, tentu disambut dengan sangat antusias oleh Taufan Bakrie, dan Jajaran Bakesbangpol DKI, serta seluruh Anggota Pokja PPWK DKI Jakarta, yang hadir secara luring dan daring. Setiap peserta rapat, memberikan saran penguatan terhadap program kebangsaan yang sangat revolusioner tersebut. “Kita targetkan, Insya Allah 1 Juni 2021, bertepatan dengan Hari Kelahiran Pancasila, maka Provinsi DKI Jakarta akan memiliki 267 Kampung Pancasila, yang bisa menjadi pusat penerapan nilai-nilai Pancasila di kampung-kampung Jakarta” Ungkap Taufan, dengan sangat optimis, dan didukung oleh seluruh peserta rapat. “Dengan bergotong-royong, maka Kampung Pancasila Insya Allah akan terealisir” Ungkap Asyik Noor, yang menutup rapat tersebut.

Semoga Kampung Pancasila, benar-benar dapat terealisasi, dan menjadi solusi untuk semakin mempererat implementasi nilai-nilai gotong-royong, pada seluruh lapisan masyarakat di DKI Jakarta.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Halo !

Klik Customer Service kami di bawah ini, untuk Terhubung ke WhatsApp!

× Butuh Bantuan?