PEMPROV DKI JAKARTA GANDENG MOTIVASI INDONESIA WUJUDKAN SEKOLAH LABORATORIUM PANCASILA (SLP)

Jakarta – Dalam rangka peningkatan pemahanan Nilai-Nilai Kebangsaan, serta pencegahan Intoleransi, Radikalisme, dan Kekerasan Seksual di satuan pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Motivasi Indonesia, menggelar Workshop dan Konsolidasi Penguatan Substansi serta Kompetensi Satgas Sekolah Laboratorium Pancasila (SLP) dengan tema “Dimensi Profil Pelajar Pancasila; Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia & Berkebhinnekaan Global”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 31 Juli 2023 bertempat di Aula SMKN 24 Jakarta Timur secara hybrid, yang dihadiri secara luring oleh 316 Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, dan SMK dan secara daring oleh 316 sekolah se-Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan dibuka oleh PLT Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Purwosusilo, M.Pd. Sebagai Narasumber, yakni Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri, MSi, Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP RI, M. Akbar Hadiprabowo, SH., MH., Ketua Bidang Pemuda dan Pendidikan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi DKI Jakarta, Dr.(c).Ir.Hamry Gusman Zakaria,MM, serta pembawa acara Kepala Sekolah SMAN 53 Jakarta Timur, Dra. Herawati Sihombing, M.Pd.

Kepala Bidang SMP dan SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Drs. Putoyo, HS, M.Pd, dalam laporannya menyampaikan bahwa sejak Mei 2023, SLP sudah diterapkan secara bertahap di 316 sekolah dan ditargetkan menjadi 500 sekolah sampai akhir tahun 2023. PLT Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Purwosusilo, pada sambutannya berharap dengan adanya SLP dapat membantu membentuk karakter positif bagi anak-anak dan meningkatkan rasa nasionalisme bagi generasi muda.

Kepala Bakesbangpol Provinsi DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri, M.Si membawakan materi “Jakarta Menuju Kota Global”, menyampaikan bahwa Indonesia yang memiliki ± 1.340 Suku dan ± 300 Kelompok Etnis, agar tetap terjaga dengan adanya SLP. Kemudian dilanjutkan Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP RI, M. Akbar Hadiprabowo, SH., MH., yang sangat mengapresiasi dengan dibentuknya SLP, membawakan materi berjudul “Strategi Berkhebhinnekaan Global Dalam Dunia Pendidikan”, menegaskan bahwa wawasan ke-Indonesiaan akan menjadi kunci kesamaan pandangan dan pemersatu tujuan generasi masa kini dan masa yang akan datang, dalam menghadapi tantangan dari dalam maupun dari luar negeri, sehingga sangat mengapresiasi dibentuknya SLP.

Materi ketiga dibawakan oleh Dr.(c).Ir.Hamry Gusman Zakaria, MM., yang juga sebagai Founder Motivasi Indonesia serta Peneliti SLP, berjudul “Penerapan Profil Pelajar Pancasila Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia sebagai Upaya Pencegahan Terorisme”, dalam materinya  menyampaikan bahwa kepala sekolah hendaknya mengajarkan siswa-siswinya peduli terhadap sesama, sehingga terhindar dari radikalisme dan terorisme.  Materi yang diselingi dengan kuis interaktif, dibawakan secara atraktif, sehingga para peserta sangat antusias membentuk program dalam upaya pencegahan radikalisme dan terorisme di sekolah.

Dalam sesi kuis, Nurjanah Kepala Sekolah SMPN 275 Jakarta Timur yang menjadi peserta workshop, menyampaikan bahwa SLP sangat bermanfaat sebagai penunjang dan pendukung dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), sehingga anak-anak dan warga sekolah lebih memahami Nilai-Nilai Pancasila.

Selanjutnya, Narasumber SLP, Ayi Afriandi, S.E menyampaikan materi “Teknis dan Contoh Penerapan Dimensi “Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan YME Dan Berakhlak Mulia” Dan “Berkebhinekaan Global”, kemudian diteruskan materi “Cara Pembuatan Buku Laporan SLP” oleh Evaluator Motivasi Indonesia, Rozana VatkhI Rizki, S.S.

Ibrahim Guru SMPN 212 Jakarta Selatan, yang juga peserta workshop mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebagai upaya peningkatan dan pemahaman terkait Nilai-Nilai Kebangsaan, sehingga Bapak/Ibu Guru dapat memberikan contoh wujud pengamalan Nilai-Nilai Kebangsaan kepada siswa-siswinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Halo !

Klik Customer Service kami di bawah ini, untuk Terhubung ke WhatsApp!

× Butuh Bantuan?