TIM KECIL PERSIAPAN KAMPUNG PANCASILA POKJA PUSAT PENDIDIKAN WAWASAN KEBANGSAAN (PPWK) PROVINSI DKI JAKARTA GELAR RAPAT PENYEMPURNAAN KONSEP PUSAT PERUBAHAN KAMPUNG PANCASILA DI 267 KELURAHAN SE-PROVINSI DKI JAKARTA

Jakarta-Pokja Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Pemprov DKI Jakarta, menyelenggarakan Rapat Internal Pokja PPWK, dipimpin oleh Kepala Bidang Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, Bakesbangpol DKI Jakarta, Drs. M. Asyik Noorhilmany, M.Si dan juga dihadiri Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakrie M.Si, dan Anggota Tim Kecil Persiapan Kampung Pancasila,  bertempat di Ruang Rapat Utama, Kantor Bakesbangpol, Provinsi DKI Jakarta pada Jumat, 4 Maret 2022.

Agenda pembahasan pada Rapat Internal ini, merupakan tindak lanjut bersama dengan Tim Kecil atas usulan dibentuknya “Kampung Pancasila” oleh Ir. Hamry Gusman Zakaria, MM, selaku anggota Pokja PPWK DKI Jakarta. Pada kesempatan tersebut Motivator sekaligus Founder PT. Motivasi Indonesia menjelaskan secara detail penyempurnaan konsep pusat perubahan Kampung Pancasila untuk selanjutnya akan disosialisasikan pada Camat, Lurah dan Masyarakat Provinisi DKI Jakarta, diantaranya mengenai time chedule dan beberapa hal struktural lainnya.

Dalam rapat Ibu Nini menyampaikan bahwa target utama ialah memperkenalkan pada masyarakat Provinsi DKI Jakarta terhadap Kampung Pancasila. Maka dari itu, dibutuhkan media untuk memperkenalkan Kampung Pancasila seperti e-book­ Pedoman Pembentukan Kampung Pancasila, yang didalamnya memuat tujuan Kampung Pancasila, alur struktur pembentukan, dan lain sebagainya.

Pembentukan Kampung Pancasila didasarkan pada Inpres No 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), khususnya Program Gerakan Indonesia Bersatu. “Gerakan Indonesia Bersatu merupakan salah satu program yang di bawah Kemendagri, Kita Tim Kecil ini yang melakukan kerja nyatanya. Dalam mengefektifkan waktu, sebaikanya sebelum melakukan sosialisasi, kita sudah memegang komitmen beberapa walikota dan beberapa pejabat. Kemudian dengan target launching 1 Juni 2022, harus sudah terbentuk semua kriteria dan petunjuk teknisnya agar kita tidak terus meraba-raba lagi,” Arahan dari Drs. M. Asyik Noor.

Para peserta rapat sangat antusias dalam mempersiapkan beberapa kriteria sebelum terjun langsung ke lapangan untuk melaksanakan sosialisasi memperkenalkan Kampung Pancasila pada masyarakat se-Provinsi DKI Jakarta. “Payung besarnya itu Kampung Pancasila, sebenarnya kriteria dalam Kampung Pancasila sudah dilakukan sejak lama, tetapi kita hanya mengembangkan agar lebih tercapai penerapan nilai-nilai Pancasila. Maka dari itu, masyarakat harus lebih paham bahwa kita tidak membuat sesuatu hal yang baru,” tanggapan Ibu Nini dengan sangat semangat, “Terkait sosialisasi yang dibentuk menjadi e-book, agar lebih tervisualisasikan dan benar-benar menyentuh ke masyarakat dapat dibuat suatu video pendek yang menggandeng Duta Pancasila,” tutur usulan dari Bapak Reza. Sebagai penutup, para peserta rapat berharap penyusunan konsep dan draft sudah 99%.

Tindak lanjut pada pertemuan rapat ke depan diharapkan, pada bulan selanjutnya sudah ditentukan parameter Kampung Pancasila, dan sudah dilakukan koordinasi atau audiensi dengan para stakeholder. Adapun time schedule untuk melakukan audiensi dengan 5 Kota dan 1 Kabupaten di Provinsi DKI Jakarta sudah tersusun. Semoga Kampung Pancasila, dapat terealisasi, dan menjadi solusi untuk semakin mempererat implementasi nilai-nilai pancasila, pada seluruh lapisan masyarakat di Provinsi DKI Jakarta.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Halo !

Klik Customer Service kami di bawah ini, untuk Terhubung ke WhatsApp!

× Butuh Bantuan?